Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

Selamat sore..
Saya sedang menyusun SPT Tahunan Bada yg kebetulan saya termasuk yg menggunakan PP No. 46
Setelah saya cek ulang, pembayaran pph final 1% di bulan november ini kurang Rp 30,- sehingga jika ditotalkan 1 tahun ini kurang bayar +/- Rp 30,-
Apakah perlu dibayarkan kembali untuk nominal sekecil itu? Jika dibayarkan, bagaimana caranya? Krn yg Des sudah saya bayar.. Apakah ada sanksi dan sebagainya jika saya putuskan utk membayar kekurangannya?
Kalau saya tdk bayar apakah ada sanksi juga karena pph yg dibayarkan tdk sesuai dengan jumlah 1% dari omzet (selisih 30 perak)

Terima kasih.

Comment ( 1 )

  1. January 13, 2016 at 1:17 am

    dalam ketentuan pajak memang tidak ada pembedaan perlakuan/pengecualian khususnya dalam hal penerbitan sanksi atas keterlambatan/kurangnya setoran seperti ini.

    Bisa saja bu Christy sambahkan kurang setor 30 perak tersebut ke Setoran PP 46 masa Desember 2015, dan jika mau sedikit repot…setelah ditambahkan ke setoran PP46 masa Desember bisa kemudian ibu ajukan pemindahbukuan senilai 30perak pada setoran Desember tersebut ke (dipindahbukukan) November 2015.

    Alternatif kedua…tetap setorkan seperti biasa, namun menggunakan fasilitas ebilling dan pembayarannya menggunakan e-banking, mestinya tidak ada masalah.

    Ada baiknya juga, jika ibu ragu/repot untuk kedua alternatif di atas…silahkan konsultasikan ke Account Representative di KPP tempat Ibu terdaftar….

    Namun demikian, secara ketentuan tetap itu akan menjadi selisih dan jadi hutang pajak ya bu..(sekalipun kecil nominalnya) sepanjang belum dipenuhi.

Leave a reply