{1 - 24} GreyGrey
{25 - 49} GreenGreen
{50 - 499} BlueBlue
{500 - 4999} OrangeOrange
{5000 - 24999} RedRed
{25000+} BlackBlack

Please confirm that you would like to report this for an admin to review.


Kompensasi LB PPh 21 karena Pembetulan (PTKP Naik) bisa dikembalikan ke karyawan?

Rekan semua, karena PTKP 2016 akan berlaku surut, saya ingin tanyakan untuk pajak lebih bayar yang sudah terbayar ini nantinya bagaimana.
Yang saya tahu memang bisa dikompensasikan. Tapi untuk karyawan yang dari Jan-Mei sudah dipotong dan Juni tidak ada pemotongan lagi karena dibawah PTKP, apakah mendapat pengembalian dari perusahaan nya sebesar yg sudah dipotong?
Misal saya dari Jan-Mei sudah dipotong total 300 ribu. Bulan Juni saya bebas pemotongan.
Lebih bayar ini kan dikompensasikan oleh Perusahaan, tapi bagaimana nasib pegawai2 yang sudah terlanjur dipotong gajinya spt saya? Apakahh bisa dikembalikan?
Karena jika dikompensasikan, pegawai lain yang tetap dipotong pajaknya apakah akan menggunakan kompensasi dari kami yg sekarang dibawah PTKP? Sehingga gaji yang diterima pegawai di atas PTKP tidak dipotong lagi?
Mohon pencerahannya ya rekan.. Trims.

Share yuk... biar lebih bermanfaatShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter



Confirm that you would like to Remove Email Alerts for your question. You cant undo this and you will not be able to re-subscribe.


Tags

1 Answer

mekanisme ke pajaknya tetap kompensasi rekan…
atas lebih bayar untuk karyawan yang kemudian berpenghasilan dibawah PTKP setelah berlakunya PTKP baru silahkan perusahaan lakukan pengembalian…sehingga (mudahnya) uang LB yang ada (telah disetorkan untuk PPh 21) sepenuhnya menjadi hak perusahaan. Dan atas karyawan yang tetap berpenghasilan diatas PTKP setelah berlakunya ketentuan baru tetap dilakukan pemotongan ya….
Dari situlah silahkan perusahaan (secara internal menghitung) antara uang yang wajib dipotong terhadap karyawan dengan Ph di atas PTKP dan uang perusahaan yang masih LB (kompensasi).

***Intinya sih tetap kompensasi dari masa ke masa…adapun pengembalian, silahkan diselesaikan perdata (internal antara perusahaan dan karyawan dg Ph di bawah PTKP), sementara karyawan dengan Ph diatas PTKP tetap dilakukan pemotongan***

Confirm that you would like to select this answer as the "Best Answer" to your question. This will bring this answer to to top and be highlighted as "Best Answer". You can always change this if a better answer is given.


You must be Logged In to Answer this Question

Already a Member, Log In
Not a member yet? Sign Up