Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

kelebihan bayar pajak

mau tanya jika ada kelibihan pajak 21 yg dibayrkan perusahaan bagaimana pelaporan nya???

Comment ( 1 )

  1. March 27, 2017 at 3:13 pm

    Kalau ada kelebihan bayar, maka dilakukan pembetulan terlebih dahulu. Nah, atas lebih bayar tersebut dapat dikompensasikan ke masa pajak setelahnya.

    Misal, ada lebih bayar atas PPh 21 yang telah disetorkan selama Masa Januari-Juni 2015 dapat dikompensasikan ke Masa Pajak selanjutnya untuk melunasi jumlah pajak terutang sampai lebih bayar tersebut habis dikompensasikan. Jika lebih bayar atas PPh 21 yang dikompensasikan pada Masa Desember 2015 belum habis, maka dapat dikompensasikan ke Tahun Pajak berikutnya.

    Sedangkan untuk pelaporan SPT Tahunan Pembetulan, penyampaiannya tidak dapat dilakukan di TPT Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP).

    Atas SPT Tahunan 1770 SS dan 1770 S Lebih Bayar tidak dapat disampaikan melalui saluran tertentu (e-Filing), namun harus disampaikan secara langsung ke TPT KPP tempat Wajib Pajak terdaftar atau dikirim melalui pos/perusahaan jasa ekspedisi/jasa kurir ke KPP tempat Wajib Pajak terdaftar.

    Dalam hal pada tahun sebelumnya Wajib Pajak telah menyampaikan SPT Tahunan 1770 SS atau 1770 S melalui e-Filing, dan tahun ini Wajib Pajak akan menyampaikan SPT Tahunan 1770 SS atau 1770 S Lebih Bayar, maka dapat disampaikan dalam bentuk e-SPT Tahunan 1770 SS atau 1770 S dan disampaikan secara langsung ke TPT KPP tempat Wajib Pajak terdaftar.

Leave a reply