Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

kasus profit sharing

–> PT S memiliki bangunan yang salah satu tenantnya di sewa oleh PT G , mereka membuat perjanjian bahwa PT G akan membayar sewa dengan melakukan profit sharing ke PT S sebanyak 10% dari total omzet ..misal bulan januari omzet Rp 10 jt dan Rp 1 jt untuk profit sharing sekaligus biaya sewa, bagaimana perlakuan pajaknya ? apakah PT G harus memotong pph 4 ayat 2 nya?

Comments ( 3 )

  1. August 31, 2016 at 1:24 pm

    Atas profit sharing tersebut jelas ya kontraknya? (maksud saya tidak tersamarkan dg kewajiban biaya sewa yang seharusnya dibayarkan oleh PT G).
    Dalam kasus jelas tertuang dalam kontrak atas profit sharing tersebut, maka perlakuannya analog denga semacam konsesi yang diberlakukan PPh Pasal 23 terkait royalti dengan tarif 15%

    Demikian rekan

    • September 1, 2016 at 6:19 am

      jadi PT G membayar sewa nya sejumlah profit sharing yang menjadi hak PT S, jadi misalnya kalau kebanyakan sewa itu PT S menentukan tarif sewa yang harus dibayarkan setiap bulan dan nilainya tetap Kepada PT G , tapi ini nilainya berubah-ubah tergantung omzet penjualan pada periode bulan tsb .

      Demikian rekan , terima kasih atas jawabannya

  2. naufalaziz
    September 1, 2016 at 6:32 am

    nyambung jawaban Pak Agung….atas profit sharing tersebut saya sepakat diperlakukan seperti konsesi, pengenaannya PPh 23 royalti dengan tarif 15%

Leave a reply