Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

mohon penjelasan tentang PPH pasal berapa beserta tarif yang dikenakan dari jasa penyedia sewa rumah duka, pemakaman, dan krematorium?
sewa ambulance, sound system, jasa pemandian jenazah, cargo, pengawetan jenazah dan dokumentasi apakah dikenakan pajak juga? kalo iya PPH pasal berapa? thanks

Comment ( 1 )

  1. naufalaziz
    September 9, 2014 at 6:37 am

    selamat siang rekan,

    dalam kasus Saudara, kita perlu lihat negatif list dalam ketentuan PPN (sisi pengguna jasa) dan PPh (sisi penerima penghasilan atas jasa).

    Dari sisi pengguna jasa: atas jasa pengurusan jenazah dan pemakaman ini masuk dalam negatif list (bukan merupakan objek PPN atas penyerahannya. Namun apabila dalam melakukan penyerahan jasa pemakaman tersebut,saudara juga menyerahkan Jasa Kena Pajak lainnya yang tidak termasuk kelompok jasa sebagaimana disebutkan dalam negatif list, misalkan seperti saudara sebut terdapat penyerahan berupa sound system, cargo, dokumentasi maka atas penyerahan Jasa Kena Pajak tersebut terutang Pajak Pertambahan Nilai.

    Sementara dari sisi penerima penghasilan (perusahaan penyelenggara jasa pengurusan jenazah), dalam ketentuan PPh tidak mengatur secara khusus jenis jasa ini dalam daftar negatif list, jadi prinsipnya tambahan ekonomis yang diterima oleh perusahaan penyelenggara jasa pengurusan jenazah ini dikenakan PPh, soal pasalnya, jika memang pengguna jasa merupakan Badan Hukum (PT, CV dsb) maka mereka wajib melakukan pemotongan PPh pasal 23, sementara jika pengguna jasa merupakan orang pribadi maka atas perolehan penghasilan saat itu tidak dikenakan pemotongan PPh melainkan diakumulasi sebagai omset tahunan dan diperhitungkan kewajibannya dalam SPT Tahunan.

Leave a reply