Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

1. Kalau penghasilan dokter A (pekerjaan bebas) melebihi 4,8 M apakah diharuskan jadi PKP shg kena PPN?
2. Dokter B praktek bebas sambil memberi obat kpd pasiennya.Kalau total penghasilan jual obat dan praktek bebasnya < 4 M apakah terhadap penjualan obatnya bisa menggunakan pajak final 1 % (PP 46 th 2013)

Comments ( 2 )

  1. June 6, 2016 at 7:03 am

    Selamat siang,
    untuk nomor 1. tetap bebas dari kewajiban PPN rekan…sebab jasa medis termasuk dalam negatif list objek PPN, artinya berapapun penghasilan yang diterima melalui pekerjaan jasa medis…tetap bebas dari pengenaan PPN, karena secara dasar/prinsip bahwa jasa tersebut bukan merupakan objek pengenaan PPN

    untuk nomor 2. jika pemberian (penjualan obat) dilakukan dalam naungan satu usaha berjudul “Praktek Dokter BBMM” maka ia akan dianggap termasuk bagian dari penerimaan pekerjaan bebas yang bukan jenis usaha yang termasuk dalam pengenaan PPh sesuai ketentuan PP-46. Beda hal, jika secara tegas bahwa jasa dokter dan penyerahan obat dilakukan terpisah, misal dengan instalasi farmasi terpisah, dan transaksi terpisah maka saya cenderung sepakat bahwa atas penyerahan instalasi farmasi tersebut bisa menggunakan ketentuan PP-46 dalam hal memenuhi kriteria omset dan bentuk serta tempat penyerahan yang diatur dalam ketentuan PP-46 tersebut.

    • June 6, 2016 at 1:43 pm

      Kalau pertanyaan no 2 ternyata penghasilan gabungan (praktek + jual obat) > 4,8 M apakah tetap tak kena PPN? Terima kasih banyak pak atas penerangannya.

Leave a reply