Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

Assalamualaikum. . .mau tanya. Kalau ada invoice trus ada ppn masukannya (bagisaya) trus apakah bisa dkreditkan sebagai ppn masukan bagi saya?? seandainya bisa bagaimana cara penginputan didalam e faktur sedangkan invoice tersebut tidak seperti faktur pajak yg ada no faktur dan barcodnya.. mohon jawabannya segera..Terima kasih

Comments ( 3 )

  1. October 7, 2015 at 4:05 am

    Bisa dikreditkan rekan. Saat rekam faktur pajak masukan pada e faktur, langsung saja pilih “YA” pada pertanyaan “Apakah faktur pajak ini dapat dikreditkan?”
    Lalu mintalah faktur pajak kepada penjual yang menerbitkan invoice tsb, karena untuk merekam faktur pajak masukan harus sesuai dengan faktur pajaknya. Jika penjual tidak memberikan faktur pajak atau di dalam invoice tidak tertera jumlah ppn, artinya penjual bukan PKP atau menjual barangnya tidak menyertakan ppn, sehingga rekan tidak dapat mengkreditkan ppn masukan.

    • October 8, 2015 at 2:49 am

      di invoice tsb terdapat ppn (masukan bagi saya) cuman yg jadi pertanyaan saya penjual tidak memberikan faktur pajak cuma pake invoice sdangkan di invoice tsb ada ppn nya.. jadi bagaimana cara saya bisa input ppn tersebut di e faktur nya?? sedangkan di invoice tsb tidak terdapat no faktur maupun barcode seperti layaknya faktur pajak

  2. October 8, 2015 at 4:15 am

    Anda harus minta faktur pajak nya kpd penjual. Karena anda membayar ppn atas barang yang dibeli.
    Pada umumnya jika akan melakukan transaksi, anda sebagai pembeli akan dimintai data npwp dan alamat untuk menjadi data lawan transaksi pada database penjual, jika tidak diminta maka patut dicurigai bahwa kemungkinan penjual tidak bisa menerbitkan faktur pajak.
    Jika anda belum membayar tagihan tersebut, atau nilai ppn nya besar misalnya, anda bilang saja kepada penjual untuk diterbitkan kembali incoice yang baru dengan tanpa PPN. Sehingga anda hanya membayar sejumlah DPP saja. Karena jika penjual memungut ppn kepada anda tapi tidak menerbitkan faktur pajaknya, artinya ya penjual mengantongi sendiri ppn yang anda bayarkan dan bukannya disetorkan kepada Negara.
    Sekian dari saya.

Leave a reply