Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

hibah

Selamat sore Bapak/Ibu
Papa sy punya sebuah ruko. Tapi dalam keadaan ruko ini masih atas nama dari Kakek tetapi sudah masuk dalam asset Papa sy dalam perpajakan karena Kakek sudah masuk dalam tanggungan Papa. Ruko ini sedang dlm keadaan akan dijual. Hal yang saya ingin tanyakan, APABILA ruko ini terjual :
1. Harus pakai NPWP siapa dalam transaksinya? Apakah papa atau kakek harus buat npwp lagi?
2. Atau harus dihibahkan sj ke papa? Dan bagaimana proses hibahnya? Kena pajak bagaimana lagi?
3. Dalam transaksi, boleh pakai rekening Papa?
Atau ada jalan lain agar lebih mudah? Sy kurang mengerti mengenai perpajakan jd mohon maaf apabila pertanyaannya terlalu banyak.
Atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Comments ( 2 )

  1. April 19, 2017 at 4:37 am

    Selamat siang,
    ___
    langsung jawaban ke no.2 Saya sangat menyarankan tempuh langkah hibah dulu ke Papa Anda (dari Kakek), melalui Akta hibah notaris tentunya. Dan perlu Anda ketahui bahwa hibah sedarah dalam garis keturunan satu derajat kebawah (orang tua ke anak) dibebaskan dari pengenaan PPh (bukan objek PPh), namun wajib diajukan Surat Keterangan Bebas (SKB) PPh atas hibah tersebut, permohonannya silahkan diajukan ke KPP tempat terdaftar (ada baiknya rekan bisa coba konsultasikan perihal permohonan SKB PPh hibah ini ke petugas konsultasi (Account Representative) di KPP)
    ___
    Jadi setelah proses hibah selesai tentu untuk transaksi selanjutnya silahkan gunakan NPWP ayah Anda dalam hal terjadi transaksi ( Jawaban no.1)
    ___
    untuk rekening transaksi yang digunakan silahkan menggunakan rekening siapa saja, otoritas pajak tidak membatasi individu2 wajib pajak dalah hal transaksi untuk menggunakan rekening manapun, prinsipnya sepanjang yang bersangkutan bisa mempertanggunjawabkan jika sewaktu2 diminta klarifikasi atas transaksi2 yang terjadi melalui rekeningnya.

    • April 21, 2017 at 3:52 pm

      Terima kaaih pak untuk jawabannya, kalo saya boleh tahu. Proses mau hibah gimana ya pak ? Misalnya spt step2nya gitu pak. Makasih ? maap merepotkan

Leave a reply