Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

Selamat siang,

Saya sedang membutuhkan pertolongan untuk mengerti pajak (npwp), saya harap bapak/ibu bisa memberi sedikit pencerahan.
Berikut ini kasus saya:
orang tua saya hendak menjual rumah, dan baru saya ketahui ayah saya (sudah mempunyai npwp) akan tetapi sudah bbrp tahun tidak membayar pajak karena sebenarnya dia juga tidak bekerja lagi sedari usahanya yang tiba-tiba bangkrut dan harus tutup, dan ibu saya seorang ibu rumahtangga (tidak memiliki npwp).
apa yang harus dilakukan untuk dapat menjual rumah? kami pun tidak yakin mampu apabila harus membayar tunggakan pajak ayah saya tersebut.
Mohon bantuannya dan terima kasih sebelumnya.

Comment ( 1 )

  1. May 6, 2014 at 1:32 am

    Jika tunggakan pajak yang saudara maksud adalah Pajak Bumi dan Bangunan, maka sebelum transaksi jual beli dapat dilaksanakan, kewajiban PBB tersebut memang wajib ditunaikan terlebih dahulu. diluar kewajiban PBB, atas transaksi pengalihan hak atas tanah dan/atau bangunan ada kewajiban PPh (Pajak Penghasilan) yang menjadi kewajiban penjual besarnya 5% dari nilai transaksi dan kewajiban berupa Bea Perolehan Hak atas Tanah dan/atau Bangunan (BPHTB) yang merupakan kewajiban pembeli, keduanya juga harus ditunaikan terlebih dahulu sebelum penandatanganan akta jual beli.

    Namun, jika yang Saudara maksud adalah tunggakan pajak atas usaha yang sempat orang tua saudara jalankan, sebenarnya keberadaan hutang pajak tersebut tidak menghalangi proses jual beli yang hendak dilakukan.

    Namun demikian, Kantor Pelayanan Pajak juga merekam tiap transaksi (termasuk nantinya atas jual beli properti yang saudara lakukan), dan bisa jadi sarana penagihan atas tunggakan pajak yang ada.

    Jika, ada itikad baik dari pihak saudara untuk menyelesaikan hutang pajak tersebut namun karena ketidakmampuan ekonomi menjadi penghalang, ada baiknya saudara datang ke KPP (Kantor Pelayanan Pajak) tempat orang tua saudara terdaftar sebagai wajib pajak, dan sampaikan apakah mungkin atas persoalan yang saudara alami tersebut diajuan secamam keringanan atas tunggakan pajak yang ada.

    Demikian, semoga membantu.

Leave a reply