Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

Bro n sis.ini mau tanya tentang harta bentuk ruko yg di berikan orgtua thn 2000 atas nama saya.sy blum ber npwp.seandainya ikut TA berapa nilai wajar yg di laporkan y,sdgkn nilai pasar saat ini perkiraan 1.5 m ,apbila sy tlh lapor harta tsb di TA n thun berikutnya harga pasar naik lg jd 2 m ketika sy menjualnya,apkh sy termasuk pengelapan pajak.sdgkn harga pasar pstinya kt gk bisa tau psti n bisa berubah,berapa nilai harta yg cocok utk sy ungkap dlm TA menurut bpk.mengenai harta saham yg tlh merugi n tlh di jual thn 2012 n 2013 n tersisa hanya saham aktif sktr 40 juta yg msh untung.apkh saham yg tlh di jual n shm aktif msh mau di ungkap di TA pak.mohon pencerahannya,trima kasih.

Comments ( 2 )

  1. August 8, 2016 at 7:50 am

    Bgaimna jika seseorg ungkap harta pemberian org tua dlm bentuk rmh n penganguran jg tak bisa byr uang tebusan.tp ikut TA.apkh ada kebijakan pelonggaran pajak dr pemerintah dlm hal ini pak.trima kasih.

  2. naufalaziz
    August 8, 2016 at 9:47 am

    Sore bro….
    dalam undang2 TA disebut nilai wajar (yang dijadikan dasar perhitungan uang tebusan) adalah nilai menurut Wajib Pajak. Dari info yang rekan sampaikan maka nilai wajarnya adalah 1.5 M (full self assesment). Dan jikapun terjadi kenaikan nilai dikemudian waktu saat rekan menjualnya, tidak bisa dianggap sebagai bagian penggelapan pajak lah bro..

    —–

    Soal harta berupa saham, yang rekan laporkan dalam TA tentu hanya nilai saham yang masih aktif/tersisa saja, kalo yang sudah dijual tentu bukan lagi menjadi bagian harta rekan…kecuali atas penjualan saham tersebut (kas), rekan masih menyimpan kas-nya dalam bentuk tabungan misalnya..nah kas/tabungan itulah yang kemudian dilaporkan…

    —–

    Demikian rekan, semoga membantu

Leave a reply