{1 - 24} GreyGrey
{25 - 49} GreenGreen
{50 - 499} BlueBlue
{500 - 4999} OrangeOrange
{5000 - 24999} RedRed
{25000+} BlackBlack

Please confirm that you would like to report this for an admin to review.


Harta warisan, NPWP mati dan Tax Amnesti

Saya mau bertanya
Dulu ketika kuliah, saya membuat NPWP karna ayah saya memberikan saya rumah yang langsung di atas namakan saya sebelum iya meninggal
Tetapi laporan pajak saya perbulannya dulu berpenghasilan nihil, dan rumah tersebut dilaporkan sebagai hibah/pemberian/kado orangtua pada anak, karna memang masih mahasiswa, dan dulu tidak dikenakan pajak karna di anggap objek hibah
Karna cukup sibuk, serta kurangnya pengetahuan pajak saya, sehingga sering lupa laporan bulanan, jadi NPWP saya ketika saya cek, kata petugas pajak sudah tidak aktif / di tutup
Saya merasa tidak perlu membuat lagi untuk sementara, karna pekerjaan saya serabutan, kurang dari 1jt – 1,5jt per bulan, terkadang nihil sehingga saya tidak punya tabunggan sungguh pas-pasan. Terutama ayah sudah meninggal, jadi tidak ada harta lain selain rumah pemberian tersebut.
Saya berusaha menjadi wajib pajak yg baik, berusaha untuk menghidupkan kembali NPWP serta melaporkan rumah kepemilikan tersebut, tetapi untuk menebus 2% dari nilai perkiraan rumah saya sungguh tidak sanggup.
Apakah ada solusi lain? Apa benar rumah tersebut harus terkena 2%, bukannya dihitung sebagai objek warisan yg seharusnya tidak di bebankan di TA?
Dan jika saya menghidupkan kembali NPWP saya, kira2 berapa besar pajak bulanan yg harus saya tanggung? Dengan penghasilan saya yg hanya 1jt-1,5jt ini, terkadang nihil

Share yuk... biar lebih bermanfaatShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter



Confirm that you would like to Remove Email Alerts for your question. You cant undo this and you will not be able to re-subscribe.


Tags

1 Answer

Dalam kondisi demikian, silahkan rekan aktifkan kembali NPWP dulu (free), untuk kemudian melaporkan kewajiban pajak yang memang belum rekan laporkan, setidaknya untuk 5 tahun terakhir, tanpa harus ikut serta program TA.
___
Konsekuensinya memang rekan tidak mendapatkan hak manfaat seperti wajib pajak yang mengikuti TA. Bisa saja suatu saat rekan dimintai klarifikasi atas kepemilikan harta tersebut, untuk itu silahkan nanti dijelaskan kepada fiskus (petugas pajak) atas asal-usul harta hibah tersebut. Dan memang benar bahwa atas hibah dari keluarga sedarah satu derajat garis lurus (orang tua)bukan merupakan objek PPh.

Confirm that you would like to select this answer as the "Best Answer" to your question. This will bring this answer to to top and be highlighted as "Best Answer". You can always change this if a better answer is given.


You must be Logged In to Answer this Question

Already a Member, Log In
Not a member yet? Sign Up

Search

Ads

tepung pizza instan dan sehat

Sponsors