Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

Ass ww

Ada teman yang memiliki 2-3 ruko yang dibeli saat masih aktif, skg sudah pensiun dari perush, dan asset ruko tsb belum dimasukkan dalam SPT 1770 Pribadi th 2015, pertanyaannya :
1. bagaimana membuat koreksi SPT tsb di th 2016 ?
2. saat ini dia pensiun dan hidup dari tabungan dan sewa ruko, jadi tidak ada pendapatan , kalo ruko yang dibeli 10 th lalu dimasukkan dalam SPT apakah tidak ada pertanyaan dari Pajak ?

Bagaiman sebaiknya, mohon jawaban thx

Comment ( 1 )

  1. June 23, 2016 at 2:31 am

    Wa alaikum salaam,
    1. untuk koreksinya tinggal isi formulir SPT Tahunan kembali dan laporkan sebagai SPT Tahunan pembetulan ke-1 dst. untuk tahun pajak 2015. Jika sudah menggunakan program efiling (pelaporan online) silahkan pilih/buat SPT Tahunan 2015 pembetulan ke-1 (dst).
    2. Lebih baik dimasukkan rekan, ketimbang kemudian ketahuan justru dari data pihak lain atau saat ada kegiatan canvasing. Jikapun ditanyakan…pasti terkait dengan asal penghasilan untuk pembeliannya. Penghasilan yang diterima terkait ruko tersebut apakah sudah dibayar pajaknya dsb. silahkan dijawab dan dipenuhi ketika ada kewajiban pajak yang timbul atas kepemilikan harta tersebut.

    atau pengakuannya dibuat saat nanti Undang-undang Tax Amnesti disahkan akhir bulan ini….jadi nggak akan ada lagi pertanyaan terkait kewajiban yang dulu2 sebelum diterbitkannya surat ketetapan pajak (yang menyatakan hutang pajak secara formal)

Leave a reply