Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

Salam,
Saya seorang freelancer sejak tahun 2015. Saya baru memiliki NPWP pada bulan ini (Agustus 2016).

Beberapa pertanyaan saya adalah:
1. Apakah saya wajib lapor pajak penghasilan perbulan? atau cukup dengan lapor SPT tahunan saja?
2. Sanksi apa yang akan diberikan jika saya sengaja tidak melapor PPH setiap bulan?
3. Saya baru memiliki NPWP pada bulan ini, lalu bagaimana penghitungan pajak yang harus saya laporkan pada SPT 2016 nanti? Apakah dari bulan januari 2016 atau dari agustus 2016 saja?
4. Bagaimana rumus menghitung pajak yang harus dibayarkan bagi seorang freelancer di bidang design? sebagai contoh: penghasilan perbulan 3jt.

Mohon bantuan dan penjelasannya.
Thanks

Comment ( 1 )

  1. naufalaziz
    August 29, 2016 at 3:02 am

    Untuk tahap awal, saya sarankan laporkan melalui mekanisme SPT Tahunan dulu…
    artinya Anda baru akan wajib lapor SPT Tahunan 2016 yang baru akan jatuh tempo pelaporan paling lambat Maret 2017 nanti.
    ___
    Setelah ketahuan nilai kewajiban PPh Anda dalam satu tahun, silahkan selanjutnya penuhi kewajiban bulanan (kewajiban PPh masa), yang dihitung (mudahnya) dengan mem-breakdown- kewajiban 1/12 dari kewajiban satu tahun.
    ___
    Penghasilan yang menjadi objek perhitungan PPh Anda di tahun 2016 tentu dihitung dari awal tahun (Jan-Des) meski Anda baru memperoleh NPWP di bulan Agustus ini.
    ___
    Adapun sanksi tidak dipenuhinya kewajiban pelaporan masa, sesuai ketentuan UU perpajakan adalah 100ribu per pelaporan masa-nya.
    ___
    Untuk rincian perhitungan dan panduan pengisian SPT-nya rekan bisa kunjungi KPP tempat rekan terdaftar, silahkan temui petugas Account Representative untuk memandu Anda secara tuntas dalam hal perhitungan dan pelaporan kewajiban Anda tersebut.
    ___
    Demikian, semoga membantu

Leave a reply