Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

Apakah program e-SPT dalam satu komputer bisa digunakan untuk lebih dari satu Wajib Pajak/NPWP dan bagaimana mekanisme/cara menambah database baru pada e-SPT?  untuk multi NPWP tersebut

Comments ( 2 )

  1. naufalaziz
    May 29, 2015 at 3:33 am

    Bisa, satu aplikasi e-SPT dalam satu komputer bisa digunaka untuk berbagi pakai beberapa Wajib Pajak/NPWP. Dengan mekanisme sebagai berikut:

    Langkah pertama yang harus dilakukan adalah meng-copy database kosong. Database kosong bisa diperoleh dari installer e-SPT tersebut (bukan hasil instalasi). Pada beberapa e-SPT (Masa PPN 1111, 1111DM, PPh pasal 21-26 2014), database kosong bisa diperoleh dari folder hasil instalasi e-SPT tersebut, seperti pada folder db kosong untuk e-SPT PPN 1111. Selanjutnya database kosong tersebut di-paste pada folder database/db pada direktori e-SPT yang dimaksud (sebaiknya database kosong diubah namanya agar tidak sama dengan database yang sudah ada).
    Pada aplikasi terbaru seperti e-SPT PPN 1111, 1111DM, atau PPh Pasal 21-26 2014, database baru tersebut bisa langsung digunakan ketika aplikasi e-SPTnya dijalankan. Namun, untuk e-SPT lama (seperti Masa PPh) perlu dilakukan koneksi database (setting DSN) terlebih dahulu sebagaimana telah dijelaskan pada angka 8 di atas (jangan lupa Data Source Name dibedakan dengan Data Source Name yang sudah ada).

  2. April 19, 2016 at 4:28 am

    hal yang sama juga sama saya di espt badan
    langkah seperti diatas sudah kita lakukan untuk setting DNS nya tetapi masih saja data base tidak bisa ter conect,bagaimanakah solusinya

Leave a reply