Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

mengenai E faktur..ada beberapa kasus yg ingin saya tanyakan :1. apabila kita menerima faktur pajak dari penjual, untuk mengetahui faktur tersebut sah atau tidak kita selaku pembeli kan harus mengupload terlebih dahulu baru tau hasilnya, nah pertanyaannya klo mengupload pm masukan apakah sama pengertiannya dengan kita melaporkan?
2. Pajak keluaran apakah bisa di koreksi?

Comments ( 2 )

  1. July 2, 2015 at 1:00 am

    1. alur proses upload faktur pajak masukan sama saja dengan proses upload FP keluaran, adalah bagian dari proses validasi keabsahan dan kebenaran materi FP yang telah terbit tersebut. Sementara proses pelaporan adalah kelanjutan tahapan setelah Anda melakukan validasi seluruh FP keluaran serta masukan dalam satu masa pajak. Jadi tidak berarti ketika Anda melakukan upload (validasi) FP dianggap/itu merupakan proses pelaporan…
    karena masih ada tahapan selanjutnya berupa posting dan buat file CSV sebagai bentuk bagian dari pelaporan PPN.

    2. Terkait koreksi FP keluaran bisa dilakukan kapan saja. Jika atas FP keluaran belum Anda upload maka ia bisa langsung anda ganti dengan memanfaatkan menu ubah, namun atas FP keluaran yang telah Anda upload mekanisme koreksinya dengan cara menerbitkan fatur pajak pengganti.

  2. July 2, 2015 at 4:49 am

    mau tanya lagi pak
    kalo untuk mencetak e faktur keluaran itu harus mengupload dulu atau cukup kita rekam saja?meskipun tidak diwajibkan untuk mencetak faktur namun ada saja pembeli atau penjual yg meminta untuk kelengkapan invoice..

Leave a reply