Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

Siang rekan,mohon pencerahan,utk faktur pjk masukan apakah kita input manual dulu,tapi bagaimana dg no seri
faktur pajaknya kan tidak tahu krn tidak diberi print out ,terima kasih

Comment ( 1 )

  1. July 3, 2015 at 6:10 am

    Print out FP (fisik) bisa saja diperlukan jika Ibu selaku pembeli juga menghendaki, misal untuk kepentingan arsip fisik. Namun demikian jika Ibu rasa cukup tanpa fisik FP tersebut silahkan saja. Yang paling penting tetap ibu, minta nomor seri FP yang diterbitkan oleh pihak penjual, tanggal, DPP (nilai transaksi/penyerahan) dan PPNnya.

    Pastikan juga bahwa pihak penjual telah melakukan upload/validasi atas Faktur Pajak yang mereka terbitkan.

    Dengan modal data itu saja ibu sudah bisa menginput dan memvalidasi/upload Faktur Pajak tersebut untuk menjadi bagian kredit PPN masukkan pada perhitungan/pelaporan kewajiban PPN ibu.

    Saat proses upload akan baru ketahuan bahwa apakah approval sukses (artinya bahwa lawan transaksi telah melakukan validasi atas FP tersebut dan FP tersebut sesuai dengan hak mereka).

    Saya menyarankan, meski bisa saja tanpa melibatkan arsip file fisik FP, ibu minta saja mereka (penjual) untuk mengirimkan file fisik FP berupa dokumen PDF, dari situ akan kita ketahui bahwa apakah FP tersebut (setidaknya) telah divalidasi/upload melalui QR code yang tertera dalam tampilan FP dimaksud

Leave a reply