Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

Denda tidak lapor SPT tahunan nihil

Saya juni thn 2008 berhenti bekerja di indonesia, mulai bekerja di luar negeri juli 2008. Thn 2008 saya masih melaporkan SPT tahunan 2007 1770s, sedangkan tahun2 berikutnya tidak melaporkan SPT tahunan karena saya berpikir utk pekerja di luar negeri, SPT nya nihil jadi tidak saya laporkan SPTnya. Jika saya mulai perbaiki dari sekarang (2016), bagaimana perhitungan denda nya? Banyak informasi simpang siur soal denda tidak lapor SPT tahunan (nihil).Mohon bantuan informasinya.

Comments ( 5 )

  1. July 20, 2016 at 10:06 am

    untuk perhitungan denda keterlambatan penyampaian SPT (baik dengan status Kurang Bayar PPh terhutang maupun dengan status Nihil) untuk jenis SPT orang pribadi adalah sebesar 100ribu per SPT yang terlambat/tidak dilaporkan.

    Adapun sanksi denda tersebut akan ditagihkan menggunakan sarana/penerbitan Surat Tagihan Pajak yang akan diterbitkan oleh KPP tempat rekan terdaftar.

    Sepanjang belum diterbitkan STP atas sanksi tersebut, rekan belum bisa melakukan pembayaran atas sanksi tersebut (abaikan s.d. nanti diterbitkannya STP tersebut)

    Demikian rekan, semoga membantu

    • July 20, 2016 at 11:15 am

      Jadi sebaiknya semua SPT tahunan yg belum, dilengkapi/diserahkan dahulu,baru kemudian akan ada STP dari kantor pajak utk denda keterlambatan SPT tahunan? Terimakasih.

  2. July 21, 2016 at 1:17 am

    penerbitan STP tersebut tidak tergantung dari pelaporan SPT tersebut Pak, termasuk dalam hal tidak dilaporkan pun semestinya STP atas sanksi tidak dilaporkannya SPT tersebut tetap bisa diterbitkan.

    • July 21, 2016 at 1:39 am

      Jadi laporan2 SPT yg belum sebaiknya di-submit saja ya, tanpa menunggu STP.
      Apakah data di dirjen pajak ter-update dengan adanya perubahan nomor KTP (program KTP nasional)? Alamat saya di KTP juga sudah tidak bisa digunakan lagi (ditempati orang lain). Apakah bisa menggunakan alamat korespondensi (alamat kakak) yg berbeda dengan KTP, dan bagaimana prosedur meng-update data di dirjen pajak nya?
      Terimakasih banyak atas informasi2 nya.
      Jazakallah Khairan.

  3. July 21, 2016 at 2:01 am

    iya rekan…submit saja, lebih baik dilaporkan meski terlambat, daripada tidak sama sekali…
    untuk update data belum secanggih itu rekan, karena datanya memang belum terintegrasi. Jadi rekan sekalian aja ajukan permohonan update data wajib pajak saat nanti berkunjung ke kantor pajak. Cukup isi blanko updating data di kantor pajak, lampirkan fotokopi KTP rekan..

Leave a reply