Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

Siang, saya Lia sebelumnya saya minta maaf jika saya terlalu awam mengenai perpajakan….
saya mau buat CV kecil yang Non Pajak, apakah CV yang saya akan saya buat tetap membuat NPWP??? dan apa perbedaan antara Perusahaan yang Wapu dan Non Wapu, mohon kritik dan sarannya saya perlukan agar saya ga salah langkah dalam hal ini….

Comment ( 1 )

  1. December 30, 2016 at 3:24 am

    menurut saya,
    seluruh badan hukum yang terdaftar saat ini seluruhnya wajib mendaftarkan diri (untuk ber-NPWP). Hal ini tidak membedakan apakah skala usaha wajib pajak badan hukum tersebut besar/kecil, baru berdiri/telah lama berdiri.
    ___
    jika yang ibu maksud wapu (wajib pungut) –> tidak semua badan hukum adalah wajib pungut bu, hal ini diatur dalam ketentuan pajak berupa Peraturan Menteri Keuangan/Peraturan Dirjen Pajak.
    ___
    Namun jika yang ibu maksud wajib potong, maka jawabannya seluruh wajib pajak badan merupakan wajib potong, jika melalukan transaksi penggunaan jasa dari pihak baik orang pribadi maupun badan hukum lain (PPh 21/26 atau PPh 23/26 misalnya)
    ___
    Ada lagi nanti istilah dikukuhkan (Pengusaha Kena Pajak), hal ini terkait dengan kewajiban PPN
    ___
    Agar lebih jelasnya, saya sarankan Ibu untuk mengunjungi KPP terdekat untuk mendapatkan penjelasan lebih tuntas, apa saja kewajiban yang mesti dipenuhi oleh wajib pajak berupa badan hukum. termasuk mekanisme pelaporan seluruh kewajiban tersebut.

Leave a reply