{1 - 24} GreyGrey
{25 - 49} GreenGreen
{50 - 499} BlueBlue
{500 - 4999} OrangeOrange
{5000 - 24999} RedRed
{25000+} BlackBlack

Please confirm that you would like to report this for an admin to review.


Cara menghitung pajak

Selamat sore. Saya ingin tanya cara penghitungan pajak badan. Saya punya konter hp (eceran). Waktu pengambilan kartu npwp, petugas hanya memberitahu pembayaran 1% dari omset. Tapi ketika saya bertanya pada teman, seharusnya masih ada pemotongan seperti uang listrik, uang makan, internet jk menggunakan, keperluan sehari hari dll. Padahal untung dari penjualan saja tidak sampai 1%. Cara penghitungan yang benar gimana ya? Mohon pencerahan nya

Share yuk... biar lebih bermanfaatShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter



Confirm that you would like to Remove Email Alerts for your question. You cant undo this and you will not be able to re-subscribe.


1 Answer

Aturan yang berlaku saat ini untuk pelaku usaha UMKP dengan omset per tahunnya tidak lebih dari 4.8Milyar berlaku ketentuan yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 46 tahun 2013, dimana pengenaan PPh (pajak Penghasilannya) bersifat Final dengan tarif tunggal 1%, yang dikenakan dari omset bruto per bulannya.

Karena sifatnya yang final dan dikenakan langsung dari omset bruto per bulannya,sekalipun Anda menyelenggarakan pembukuan (dengan memperhitungkan seluruh biaya-biaya terkait usaha yang Anda jalankan), maka tetap kewajiban PPh yang wajib Anda setorkan adalah sebesar 1% x Omset bruto bulanan, tanpa memperhitungkan biaya2 yang telah Anda sebutkan.

Fair kah perhitungan tersebut? nampaknya susah untuk bisa berlaku fair menurut persepsi seluruh wajib pajak pelaku usaha, khususnya terkait pemberlakuan aturan tersebut.

Jika masih ada keberatan bagi Anda, kami sarankan untuk mengkonsultasikan lebih lanjut ke Account Representative di KPP tempat Anda terdaftar, namun saya berkeyakinan, jawabannya akan tetap sama.

Demikian, semoga membantu

Confirm that you would like to select this answer as the "Best Answer" to your question. This will bring this answer to to top and be highlighted as "Best Answer". You can always change this if a better answer is given.


You must be Logged In to Answer this Question

Already a Member, Log In
Not a member yet? Sign Up