Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

Saya seorang PNS sejak 2011 dengan gaji 3 jt per bulan. selama ini saya belum pernah menyampaikan SPT perorangan, karena saya bingung apa yang harus saya sampaikan dan tata cara melaporkan aset saya. hingga saat ini aset saya hanya sebuah sepeda motor buataan tahun 2004. saya memiliki investasi sebesar Rp. 60 juta di toko tante dan Rp. 58 juta di sebuah BMT. dari toko tante saya mendapat hasil bulanan sekitar 1 % per bulan sedangkan dari BMT saya mendapatkan 2x insentif anggota dan 1x sisa hasil usaha. selain ini saya juga memiliki sebuah polis asuransi atas nama saya (4,2jt/tahun) dan anak saya (500rb/bulan saya sebagai pembayar). bagaimanakah cara saya melaporkan SPT perorangan saya?bagaimana tarifnya? oya, saya menikah dan memiliki dua anak. suami saya juga memiliki investasi di BMT sebesar Rp. 68 juta. gaji bulanannya Rp. 1,5jt. polis atas namanya 500rb/bulan. kami memiliki NPWP masing2. terima kasih banyak atas jawabannya.

Comment ( 1 )

  1. July 21, 2016 at 2:19 pm

    agak kompleks ya bu…jika harus menghitung dan melaporkan kewajiban pajak beberapa tahun ke belakang…
    ——
    saran saya, ajukan tax amnesty saja bu, maka seluruh pokok kewajiban hutang pajak ibu berikut sanksi akan dihapuskan, dan ibu cukup melaporkan kewajiban SPT tahun pajak 2015 saja sebagai salah satu syarat pengajuan tax amnesty. Terkait harta yang diungkapkan, tidak ada batasan kok bu…syaratnya ibu ungkap secara iharta apa saja yang ibu miliki seperti kendaraan bermotor, investasi dsb sebagaimana ibu sebut.

    —–

    sebagai informasi awal tentang tax amnesty, apa saja sarat dan bagaimana pengajuannya, ibu bisa baca melalui leaflet yang kami share melalui link berikut bu….
    http://blog.tanyajawabpajak.com/2016/07/langkah-syarat-permohonan-tax-amnesty.html

    demikian, semoga membantu

Leave a reply