Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

Mohon bantuan cara lapor tax amnesty dgn rincian harta berupa:
1. uang tunai yg di pinjam oleh saudara saya.
2. 1 unit apartement saya yg sudah saya cicil 2 thn (masa cicilan saya ambil 5 thn)tapi apartement atas nama saudara saya.
yg ingin saya tanyakan :
jika apartement saya tetap atas nama saudara saya. apakah saya bisa memohon tax amnesty harta saya berupa apartement tsb?
apakah akan menimbulkan masalah pajak saya jika habis masa tax amnesty. saudara saya ingin mengembalikan uang yg dipinjamnya tsb pada saya?
Mohon bantuan pencerahannya. Terima Kasih.

Comments ( 4 )

  1. August 13, 2016 at 2:04 pm

    Salaam,
    atas piutang yang saudara miliki (pinjaman kepada saudara tersebut) serta apartemen atas nama saudara (orang lain) tersebut benar merupakan objek tax amnesty.
    —-
    Tidak ada masalah Anda ajukan meski apartemen tersebut atas nama orang lain, karena hal tersebut terakomodir dengan sarat tambahan berupa surat pernyataan kepemilikan harta (bermaterai) yang Anda tandatangani serta surat pernyataan nominee (pernyataan dari pihak yang dipanjam nama untuk harta tersebut).
    ___
    JIka suatu saat nanti piutang tersebut dilunasi tentu tidak ada masalah, kan memang sifat piutang tersebut dinamis dan suatu waktu tentu akan dilunasi
    ___
    Untuk formulir terkait permohonan tax amnesty serta panduan langkah pengajuannya dapat rekan baca melalui link berikut
    http://pajak.go.id/amnestipajak

  2. August 14, 2016 at 2:48 am

    Terima kasih Pak Agung atas pencerahannya.
    saya ingin tanya jg jika saya sudah membuat surat pernyataan kepemilikan harta (bermaterai) serta surat pernyataan nominee (pernyataan dari pihak yang dipanjam nama untuk harta tersebut).Dan saya sudah lapor untuk tax amnesty, apakah saudara saya ini jika ingin ikut program tax amnesty utk harta pribadinya tetap hrs mencantumkan harta berupa apartement tsb. berhubung apartement masih atas namanya ?
    Mohon pencerahannya lg pak. Terima kasih.

  3. August 14, 2016 at 10:31 am

    Justru atas apartemen tersebut tidak boleh muncul dalam Surat Pernyataan harta yg diajukan Saudara Pak Cornelius maupun tidak boleh dilaporkan dalam SPT saudara Bapak. Karena akan timbul double pelaporan/pengakuan, hal tersebut tidak diperbolehkan dlm pajak Pak

  4. August 14, 2016 at 1:57 pm

    oooo…gituya pak. soalnya saya tkt kalo misalnya terjadi pemeriksaan org pajak terhadap aset saudara saya dan tau apartement ats namanya tar saudara saya dianggap tdk melaporkan asetnya semua. Terima kasih Pak Agung atas bantuan penjelasannya.

Leave a reply