Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

Cara melakukan kompensasi

Assalmualaikum. . .
Maaf mau tanya,, bagaimana cara melakukan kompensasi yang terjadi pembatalan faktur keluaran di aplikasi efaktur ??
Kronologisnya seperti ini :
Di Masa Januari kami melakukan pembatalan faktur pajak keluaran dengan memeilih opsi “Batalkan Faktur “, sementara kami sudah melakukan pembayaran dan pelaporan PPN Masa Januari . Otomatis dengan adanya kami membatalkan faktur keluaran tsb kami terjadi lebih setor dan kami akan mengkompensasikan kelebihan tersebut di masa Juli.
Pertanyaan kami bagaimana caranya melakukan pembetulan 1 di masa Januari dan melakukan kompensasi supaya bisa tersinkron di Masa Juli ??
Terima kasih ,, mohon segera jawabannya . . . .

Comments ( 3 )

  1. naufalaziz
    August 9, 2016 at 1:05 am

    Salaam,
    langkah pertama, setelah rekan melakukan (upload) pembatalan faktur untuk masa januari tersebut, silahkan posting SPT januari dengan isi Pembetulan (ke-1). Setelah terposting, pilih buka SPT Januari Pembetulan ke-1, pilih buka untuk diedit..Nah setelah itu lihat halaman induk serta lampirannya.
    ___
    Pada bagian induk rekan isikan Kurang/lebih bayar atas SPT yang dibelulkan, sehingga perhitungan SPT Pembetulan ke-1 tersebut akan menghasilkan perhitungan lebih bayar, setelah itu tinggal cek list kompensasi ke masa pajak (bisa pilih ke masa yang ditunjuk atau masa berikutnya). Jika memilih masa berikutnya, maka rekan wajib melakukan pembetulan secara berturut-turut

    • August 9, 2016 at 2:13 am

      Maaf kalau pada bagian induk Kurang/lebih bayar atas SPT yang dibetuikan itu diisikan nilai yang apa ??

  2. naufalaziz
    August 9, 2016 at 4:21 am

    diisi nilai KB/LB atas perhitungan pada SPT normal (yang dibetulkan)

Leave a reply