Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

Cara isi SPT Tahunan utk Harta dan Hutang akhir tahun

Selamat siang pak, sya mau nanya, mohon dibantu.
Sya di Feb 2016 akad kredit KPR, utk pembelian rumah tinggal. harga aktual dr developer 313 jt, tp di KPR dimasukkan 358 jt, supaya dpt pinjaman dgn plafon lbh tinggi. PInjaman dr bank dpt 280 jt. sya byr DP ke developer sejumlah 33 jt aja.
Sya karyawan kntor, tdk ada penghasilan/bisnis lain, gaji sudah dipotong PPH 21 oleh kntor.
di SPT th sebelumnya sya tdk pernah melaporkan jumlah harta/tabungan, krn sya pikir toh itu uang gaji yg sudah dipotong PPH 21 jg.
KPR dr bank modelnya flat bertahap, sudah ditentukan bulan ke 1-24 bayar RP sekian, bulan ke 25-60, sekian, 61 – 180 sekian. Bunganya sekitar 9,xx %, sya tdk terlalu perhatikan krn saat itu sya pilih krn bisa flat bertahap aja, agak ringan di 2 th pertama, trus naik bertahap. di dokumen KPR pun tidak tertulis bunganya berapa %.

Bgmn cara isi SPT 2016, harta akhir tahun berupa rumah, sya tulis harga rumah aktual sebesar 313 jt atau yg dimasukkan ke KPR 358 jt ? utk tabungan, apakah sya isi juga ? sya kuatir nanti dicurigai krn tidak pernah ngisi harta uang tabungan tp bisa beli rumah, pdhl bisa beli krn DP cuma 33 jt, developernya membolehkan dicicil selama 3 bulan .
Cicilan KPR ke 1 mulai Maret 2016, jd s/d Desember 2016 sudah 10 x nyicil dgn nilai cicilan sesuai yg ditentukan.
utk Hutang akhir tahun, berapa yg sya tulis ? 280 jt sesuai dana KPR yg dikucurkan bank dikurangi total cicilan yg sdh sya byr s/d Desember 2016,, atau total hutang KPR sya s/d bulan ke 180 itu (sekitar 600 jt lebih) dikurangi total cicilan yg sudah sya byr s/d Desember 2016 ?
terimakasih bnyk sblmnya ..

Comment ( 1 )

  1. March 24, 2017 at 6:54 am

    Selamat siang Ibu,
    untuk isian daftar harga tentu Ibu isikan nilai tunai (harga perolehan) sesuangguhnya atas rumah tersebut, yaitu senilai 313juta.
    ___
    Pihak otoritas pajak sangat mengharapkan Wajib Pajak terbuka dan melaporkan sebenar-benarnya disamping kewajiban pajak yang telah ditunaikan, pun termasuk kepemilikan harta. Nah harta/aset yang dimaksud tentunya termasuk tabungan, deposito serta aset2 lain yang Ibu miliki.
    ___
    Untuk pelaporan kewajiban (hutang), yang dilaporkan adalan nilai sisa pokok hutang pada akhirt tahun pajak yang akan dilaporkan. Tentu nilai ini sisa pokok hutang (nilai pokok hutang setelah dikurangi cicilan atas pokoknya). Khusus untuk KPR biasanya pihak bank secara berkala mengirimkan semacam rekening koran pemberitahuan perhitungan nilai hutang outstanding tersebut.
    ___
    Jika Ibu tidak memiliki data dari bank sebagaimana saya sebut, ibu bisa saja melaporkan dengan nilai perkiraan menurut perhitungan Ibu.
    ___
    Demikian, semoga membantu

Leave a reply