Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

Bukan Subjek Pajak Tetapi Punya Harta di Indonesia

Yg terhormat Bapak/Ibu,

Saya sudah bekerja di Singapura sejak 2011 hingga awal 2016. Di tahun 2011 akhir Saya membeli rumah di Indonesia dg sistem KPR dg sebuah bank. Karena sistem KPR tersebut Saya perlu membuat NPWP.

Sejak sebelum Saya berpenghasilan, Saya tinggal di Indonesia tidak lebih dari 183 hari (jadi sebenarnya Saya bukan Subjek pajak).
Saya selama ini memang sedikit tidak peduli dg urusan pajak di Indonesia karena selama ini penghasilan Saya sudah dipotong pajak oleh pemerintah Singapur dan Saya pikir Saya tidak punya kewajiban selain dari pajak yg berkaitan dg rumah yg Saya beli.

Pertanyaan Saya: Ketika mengisi SPT, penghasilan Saya di luar negeri itu apakah dicantumkan sebagai ‘Penghasilan Neto Luar Negeri’ ataukah ‘Penghasilan Lain Bukan Objek Pajak’? Karena kalau Saya cantumkan sebagai penghasilan neto luar negeri, Saya dikenakan pajak puluhan juta (berdasarkan kalkulasi di e-Filling online). Ini tidak masuk akal, karena kalau Saya tidak membeli rumah Saya bahkan bukan merupakan Subjek Pajak. Mohon masukannya mengenai hal ini.

Atas perhatiannya, sebelumnya Saya ucapkan banyak terima kasih.

Leave a reply