Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

Bingung tax amnesty nih

Hi tanya jawab pajakMohon bantuannya ya karena terlalu banyak info simpang siurKonsultan sama petugas suka kasih penjelasan beda bedaMisal di spt 2015 saya melaporkan deposito 560jt padahal sebenarnya di akhir 2015 itu saya tidak punya deposito sama sekali. Malah sebenarnya punya saham senilai 700jt per akhir 2015. Itu jadi ikut TA nya bayar 2%x 140jt selisih atau 2%x700jt ya ? Ada yg blg ya udah konsekuensi kalau keburu blg ada depositodan ga bs dihilangkan.

2. Sama mau tanya apa perlu dilampirkan bukti dokumen pendukung utk harta ? Ada ygblg iya ada yg blg ga. Dirjen pajal blg harta total aja ga perlu dirinci. Ada jg yg blg hrs dirinci

3. Bagaimana jika 1721a1 2015 hilang tapi masih punya tanda terima spt 2015 ?Terima kasih

Comments ( 2 )

  1. September 17, 2016 at 3:29 pm

    1. Dalam rangka TA tidak dapt dilakukan pembetulan spt tahunan, jadi dr aset saham yg belum dilaporkan dalam spt tahunan dan ikut TA maka dikalikan 2 % apabila rekan mendapatkan penghasilan lebih dr 1 sumber
    2.Tidak perlu dilampirkan bukti pendukung, rekan
    3.Bisa di ambil dari e filling, rekan

  2. September 20, 2016 at 2:09 am

    Selamat Pagi Pak/Bu,
    dalam kasus Ibu/Bapak, menurut UU TA, yang menjadi objek TA adalah harta yang sebelumnya belum diungkap sama sekali dalam SPT Tahunan, namun demikian dia tidak mengakomodir reklasifikasi harta (karena koversi misalnya) atau revaluasi harta (karena naik nilainya seiring waktu misalnya).

    Untuk kasus Ibu/Bapak, maka objek TA adalah kepemilikan saham tersebut, dan perhitungan uang tebusan adalah 2% x 700jt tersebut.

    Adapun deposito yang sudah tidak ada tersebut bisa sekaligus rekan laporkan melalui Surat Pernyataan Harta (form TA), dengan cara menghilangkannya (ketiadaan deposito dalam list harta Anda pada form tersebut), serta menghilangkannya dari SPT 2016 dst yang akan Anda laporkan selanjutnya.

    Pernyataan harta tidak perlu disertai dengan dokumen kepemilikannya, Anda cukup mengisikannya dalan daftar pada form TA saja.

    Jika Anda ikut TA, artinya kewajiban pajak 2015 dan sebelumnya tidak akan diotak-atik lagi, dan atas 1721A-1 yang hilang tersebut tentu bukan masalah lagi. Jikapun Anda memerlukannya, sebenarnya Anda bisa minta perusahaan tempat Anda bekerja untuk mencetak ulang.

    untuk pertanyaan tambahan, benar dan relevan untuk beberapa kasus ya rekan, tentu dengan pengajuan Surat Keterangan Bebas terlebih dahulu.

    Demikian, semoga membantu.

Leave a reply