{1 - 24} GreyGrey
{25 - 49} GreenGreen
{50 - 499} BlueBlue
{500 - 4999} OrangeOrange
{5000 - 24999} RedRed
{25000+} BlackBlack

Please confirm that you would like to report this for an admin to review.


berapa lama jangka waktu untuk pembayaran pajak penghasilan?

selamat malam, saya mau bertanya. saya baru saja membuat NPWP untuk syarat pengajuan kredit rumah. niat saya membuat bukan sekedar untuk persyaratan saja, tp saya sadar saya orang indonesia yg harus taat pajak. saya lupa menanyakan hal ini kepada teller pajak, karna saya wkt itu datang hanya untuk cetak kartu NPWP. saya mau tanya, apa langkah selanjutnya setelah punya kartu NPWP? saya sudah berulang kali mengecek via atm untuk pembayaran pajak, namun ketika saya sudah menekan 15 angka ternyata nomer billing saya blm terdaftar. apa yg harus saya lakukan? atau karna saya memang blm tau jangka waktu pembayaran pajak penghasilan itu bulanan/tahunan. mohon info nya. THX

Share yuk... biar lebih bermanfaatShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter



Confirm that you would like to Remove Email Alerts for your question. You cant undo this and you will not be able to re-subscribe.


Tags

1 Answer

Selamat Pagi Ibu,
saya mengapresiasi semangat dan kesadaran ibu untuk memenuhi kewajiban perpajakan sebagai bagian dari negeri ini.
perlu kita ketahui bersama, bahwa sistem perpajakan Indonesia menganut sistem self assesment. Jadi memang benar wajib pajak menghitung, meyetor dan melaporkan kewajiban pajaknya secara mandiri (walau tidak sepenuhnya dijalankan demikian, contohnya untuk wajib pajak karyawan dimana pemenuhan kewajiban pajaknya melalui jalur pemotongan melalui pemberikerja/perusahaan).

Sementara bagi pelaku usaha bebas, ada atau tidaknya hutang/kewajiban pajak tergantung pada ada atau tidaknya transaksi, laba usaha dsb. Jadi objek pajaknya mesti ada dulu ya bu… dan bagi wajib pajak orang pribadi masing-masing memiliki hak pengurang berupa batasan PTKP (Penghasilan Tidak Kena Pajak).

Kode billing yang ibu sebutkan harus digenerate terlebih dahulu menggunakan aplikasi/sarana https://sse.pajak.go.id untuk mendpatkannya. Jadi bukan menggunakan 15 digit angka NPWP yang ibu miliki.

Dan untuk mengetahui kewajiban pajak Ibu, tidak serta merta kita bisa ketahui dengan mamasukkan kode biling melalui sarana ATM, melainkan kita harus hitung dulu, berapa penghasilan kita, dan hitung jumlah pajak terhutangnya, selanjutnya baru (jika ada pajak terhutang) kita setorkan memanfaatkan fasilitan create kode billing melalui sarana https://sse.pajak.go.id

Confirm that you would like to select this answer as the "Best Answer" to your question. This will bring this answer to to top and be highlighted as "Best Answer". You can always change this if a better answer is given.


You must be Logged In to Answer this Question

Already a Member, Log In
Not a member yet? Sign Up