Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

Perusahaan dalam keadaan pailit, dengan masih banyak hutang,Rumah belom ada masih kontrak sana sini….bahkan mobil opearasional ditarik dari lising,ini berujung pada percceraian….kini kami memulai usaha lagi dengan beberapa kepercayaan dari klien, Apakah saya harus membayar pajak PPn yang sudah saya pungut terdahulu…..bisakah dapat keringanan….apakah ada akibat hukum yang ditimbulkan, apakah saya bisa memungut pajak ppn lagi krn kliean saya selalu meminta faktur pajak……

Comment ( 1 )

  1. March 15, 2014 at 1:50 am

    Selamat Pagi Pak, semoga usaha baru yang kini bapak rintis kembali menemui kesuksesan 🙂

    terkait PPN yang telah bapak pungut wajib bapak setorkan. karena pada hakikatnya itu adalah hak negara dan kewajiban klien/konsumen bapak waktu itu yang kebetulan saja dipungut melalui kepanjangan tangan usaha yang bapak jalankan. Jika saja benar terjadi kekhilafan, saya sarankan Bapak untuk mengajukan keringanan berupa pembayaran dengan cara mengangsur, dengan tentunya bapak bisa konsultasikan terlebih dahulu kepada Account Representative (petugas konsultasi) di Kantor Pelayanan Pajak dimana bapak terdaftar.

    Akibat hukum yang mungkin timbul jika tidak ada itikat baik dari pihak wajib pajak untuk menyelesaikan kewajiban ini, dan kemudian pihak KPP memproses sampai dengan bukti permulaan tindak pidana perpajakan, penyidikan dst…maka yang kemudian diterapkan adalah ketentuan pidana. Saya berharap proses ini tidak sampai terjadi dan bapak bisa selesaikan dengan upaya mengangsur tadi.

    terkait pemungutan PPN atas usaha baru bapak, harus dipastikan dahulu bahwa bapak/usaha baru bapak telah dikukuhkan sebagai PKP (Pengusaha Kena Pajak) di KPP tempat terdaftar.

    Jika belum dikukuhkan maka bapak bisa segera memohonkan diri atas usaha bapak untuk dikukuhkan sebagai PKP. dan setelah proses pengukuhan, baru bapak/usaha bapak diperkenankan untuk menerbitkan faktur pajak dan memungut PPN-nya.

    sementara sekian, jika ada pertanyaan lanjutan, saya persilahkan

Leave a reply