Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

Apakah ada batasan mengenai sanksi administrasi yang dapat dikurangkan atau dihapuskan dalam PMK-91/PMK.03/2015?

Ada. PMK-91/PMK.03/2015 hanya meng-cover sanksi administrasi yang timbul sebagai akibat dari pelaksanaan self-assessment system. Sistem tersebut memberikan hak kepada Wajib Pajak (WP) untuk menghitung, memperhitungkan, membayar, dan melaporkan sendiri jumlah pajak yang terutang. Sehingga apabila dalam pelaksanaannya terdapat konsekuensi adanya pengenaan sanksi administrasi kepada WP, maka terhadapnya diberikan pengurangan atau penghapusan sanksi administrasi.

Jika WP belum pernah membayar pajak yang terutang dan melaporkannya ke kantor Direktorat Jenderal Pajak (KPP), maka apabila WP melakukan pembayaran dan melaporkan pajak yang terutang di tahun 2015, sanksi administrasi yang dikenakan kepada WP akan diberikan pengurangan atau penghapusan.

Jika WP merasa bahwa pembayaran pajak yang terutang dan pelaporannya ke kantor Direktorat Jenderal Pajak (KPP) tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya, maka apabila WP melakukan pembetulan atas SPT-nya dan pembayaran atas kekurangan pembayaran pajaknya di tahun 2015, sanksi administrasi yang dikenakan kepada WP akan diberikan pengurangan atau penghapusan.

Jika ada orang pribadi/badan yang seharusnya sudah terdaftar sebagai WP akan tetapi belum mendaftarkan diri, maka apabila orang pribadi/badan tersebut mendaftarkan dirinya, dan kemudian melakukan pembayaran dan pelaporan pajak yang terutang di tahun 2015, maka sanksi administrasi yang dikenakan kepada WP akan diberikan pengurangan atau penghapusan.

Comment ( 1 )

  1. December 23, 2015 at 12:22 am

    terima kasih atas infonya rekan naufalaziz

Leave a reply