Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

Jadi perusahaan saya menjual ke Lazada, biasanya untuk ppn lazada saya selalu lapor digunggung sampai dengan sekarang.. tapi ada penjualan di tahun 2014 ke Lazada yang beli putus (jadi lazada beli ke pers saya untuk stock) .. saya tidak menyadari kalau jenis penjualan itu harus tukar faktur terlebih dahulu dan dibuatkan Faktur Pajak..
Jika saya buatkan faktur pajak di bulan Mei 2015 ini (atas faktur thn 2014) lalu pembetulan untuk tahun 2014 nya bagaimana? terutama untuk SPT tahunannya..
mohon agan2 yang ngerti bantu jawab yahh

makasih 🙂

Comment ( 1 )

  1. naufalaziz
    May 28, 2015 at 5:56 am

    Ketentuan toleransi pembuatan faktur bagi PKP adalah dalam jangka waktu 3bulan setelah masa (yang seharusnya menerbitkan faktur pajak). Jika pembuatan FP dilakukan setelah melewati masa 3bulan setelah saat (seharusnya) PKP menerbitkan FP, maka atas PKP tersebut dianggap tidak menerbitkan FP.

    Dalam kasus saudara,jika penyerahan misal: dilakukan 24 Juni 2014, maka saat iniliah mestinya diterbitkan FP. Masih diperkenankan saudara untuk menerbitkan FP di bulan Juli dan Agustus (batas waktu 3 bulan) meskipun nantinya dianggap sebagai FP yang diterbitkan tidak tepat waktu.

    Namun jika Saudara menerbitkannya setelah 3 bulan tersebut, atau bahkan seperti yang Saudara sampaikan, baru akan dibuat di Mei 2015, maka Saudara tetap dianggap tidak menerbitkan FP.

    So, sampaikan saja ke customer bahwa setelah lewat 3 bulan dari penyerahan FP tidak dapat diterbitkan.

Leave a reply