Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

Ajukan Pertanyaan

sisa 107 karakter
sisa 910 karakter
Pastikan pertanyaan Anda sesuai dengan pedoman komunitas.
Batal
Lanjutkan
Edit Pertanyaan
Lihat Preview Pertanyaan Anda
Pembayaran PBB harus bayar dimana?
Hallo temen2x, tolong dishare bagi yang tahu soal PBB:
Saya memiliki kebun sawit tetapi sejak beli lahan dan tanam belum pernah bayar PBB. Surat tanah masih berupa supradik. Terakhir, saya mau bayar PBB tetapi tidak tahu harus mulai darimana dan bayar ke mana. Kemudian, saya dapat info dari Rio atau Kepala Desa dimana kebun saya berada bahwa untuk bayar PBB adalah melalui desa setempat dengan kata lain lewat kepala desa. Dan bahkan kepala desanya bilang bahwa selama ini desa yang bayarin pbb saya dengan kas desa. Apa benar begitu proses pembayaran pbb? Mohon pencerahan. Terima kasih.

Comment ( 1 )

  1. December 5, 2014 at 9:17 am

    Kurang bijak rasanya jika Saudara menitipkan pembayaran PBB ke orang pribadi sekalipun ybs adalah aparatur pemerintah. PBB saat ini telah dikelola oleh Pemerintah Daerah setempat, saudara bisa berkunjung ke DPKAD (Dinas Pendapatan dan Kas Daerah). Adapun pembayarannya biasanya mereka bekerjasama dengan bank daerah atau bank lain yang ditunjuk sebagai bank persepsi (penerima) pembayaran PBB.

    Nah, untuk dapat membayar PBB atas objek pajak yang saudara miliki mestinya sudah terdaftar di DPKAD yang ditandai dengan terbitnya SPPT PBB (surat pemberitahuan pajak terutang PBB). Jika kemudian ternyata objek pajak/tanah yang saudara miliki tersebut ternyata belum terdaftar maka Saudara bisa mendaftarkannya ke DPKAD Pemerintah Daerah setempat yang menangani administrasi PBB tersebut.

Leave a reply