Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

Assalamualaikum, pak saya mau nanya, status saya karywan kontrak. Saya mempunyai rekening tabungan yg berstatus terdaftar npwp wajib pajak yg di buat perusahaan. Sedangk\’n saya membuat lagi rekening tabungan bank lain yg di wajibkan mempunyai npwp. Alasanya adalah untuk menyimpan uang yg didapat dr perusahaan untuk di transerkan ke rekening tabungan baru saya , nah pertanyaan saya adalah, apakah rekening tabungan baru saya terkena wajib pajak? Sedangkan rekening tabungan dari perusahaan sudah dulu terkena pph 21

Comment ( 1 )

  1. September 9, 2016 at 2:27 pm

    Mohon dibedakan antara penghasilan dengan harta.
    Ketika Anda berpenghasilan sebagai karyawan, telah dipotong PPh 21 oleh perusahaan, maka kewajiban Anda tinggal melaporkannya dalam SPT PPh Tahunan, berdasarkan bukti potong PPh 21 yang perusahaan Anda berikan.

    Perihal 2 rekening tabungan yang berbeda tersebut, dalam rangka pelaporan SPT Tahunan, jika di akhir tahun masing2 tabungan ada nilai nominal uang (isi tabungan) di dalamnya, maka keduanya silahkan Anda laporkan, namun jika pada tiap akhir tahun hanya satu rekening yang berisi tabungan maka Anda cukup laporkan rekening yang terisi itu saja.

    Ketika Anda punya 2 tabungan berbeda, bukan berarti Anda akan kena PPh 21 dua kali…

    Demikian penjelasan saya

Leave a reply