{1 - 24} GreyGrey
{25 - 49} GreenGreen
{50 - 499} BlueBlue
{500 - 4999} OrangeOrange
{5000 - 24999} RedRed
{25000+} BlackBlack

Please confirm that you would like to report this for an admin to review.


Aset yang diperoleh dari penghasilan yang sudah dipotong pajak

Saya adalah karyawan yang penghasilannya dipotong oleh perusahaan. Setiap tahun saya melaporkan SPT PPh Perorangan tetapi tidak lengkap. Saya tidak melaporkan properti yang saya beli beberapa tahun yang lalu dan juga nilai tabungan saya. Pajak atas pembelian properti sudah saya bayar pada saat transaksi. Apakah jika saya melaporkan aset yang saya miliki, saya harus tetap membayar tebusan mengingat aset yang saya peroleh serta tabungan saya, 100% berasal dari penghasilan saya yang sudah dipotong pajak tersebut?
Terima kasih atas jawabannya.

Share yuk... biar lebih bermanfaatShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter



Confirm that you would like to Remove Email Alerts for your question. You cant undo this and you will not be able to re-subscribe.


Tags

1 Answer

Sifat undang-undang TA adalah lex specialis dibanding UU PPh/PPN umum. Ia tidak melihat asal-usul penghasilan terkait perolehan harta yang baru akan diungkap tersebut (apakah telah dikenakan/belum atas pajak di tahun 2015/sebelumnya). Pokoknya, sepanjang ada harta yang belum diungkap pada SPT Tahunan 2015 maupun sebelumnya, maka itulah objek TA.
___
Meski demikian, TA tidak diwajibkan (merupakan pilihan), tentu bagi yang tidak ikut serta dalam program TA, ia bisa menempuh jalur pembetulan SPT, tanpa menerima manfaat jika yang bersangkutan mengikuti program TA, diantaranya tidak dilakukan pemeriksaan,pembebasan sanksi dsb.
___
Sepanjang rekan siap dengan konsekuensi yang ada,silahkan menempuh jalur pembetulan SPT tersebut.

Confirm that you would like to select this answer as the "Best Answer" to your question. This will bring this answer to to top and be highlighted as "Best Answer". You can always change this if a better answer is given.


You must be Logged In to Answer this Question

Already a Member, Log In
Not a member yet? Sign Up

Search

Ads

tepung pizza instan dan sehat

Sponsors