Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

apakah semua PKP dikenakan 10 %? apa tidak ada pengecualian pada bidang usaha tertentu? karena bagi kami 10% itu sangat berat.karena persaingan, selama ini kami hanya bisa memungut 2-3%.

Comment ( 1 )

  1. naufalaziz
    September 14, 2015 at 12:48 am

    sesuai ketentuan UU PPN tarif PPN diberlakukan dengan tarif tunggal 10% adapun pengaturan pembedaan pengenaan PPN diterapkan pada beberapa jenis penyerahan, dalam hal perhitungan DPP (Dasar Pengenaan Pajak) nya. Misal untuk jasa kurir/pengiriman barang/dokumen seperti yang dilakukan Tiki/JNE dsb diterap DPP sebesar 10% dari nilai penyerahan sehingga efektif pengenaan PPN terhadap jasa tersebut sebesar 10%x10%xNilai transaksi. Dalam hal ini jasa tersebut dikenakan PPN efektif 1%.

    Penerapan UU memang tidak dapat melihat kondisi usaha/transaksi kasus per kasus karena jika coba diterapkan demikian akan sangat sulit aplikasi dan pengawasannya. So, tarif PPN yang berlaku bagi seluruh PKP diterapkan tunggal 10%. KOnsekuensi jika Anda ditetapkan maupun secara sukarela mengajukan diri untuk dikukuhkan menjadi PKP adalah Anda membawa amanat negara untuk memungut PPN sebesar 10%, dan tanpa pengecualian.

    Sekian rekan, semoga membawa pencerahan.

Leave a reply