Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

Apakah cukup dgn Pembetulan SPT 2015 ?

Saya memiliki Warung kecil (Warung kopi) yg masih menggunakan tempat bangunan orangtua sebagai tempat usaha, orangtua sudah meninggal sehingga status bangunan itu adalah merupakan warisan yg belum dibagikan (taksiran harga / nilai wajar bangunan adalah Rp 2,5 M). Dan saya memiliki 1 rumah yg dulunya dibelikan oleh mertua kepada istri dan atas nama isteri, dan 1 mobil yg sudah berumur 11 tahun juga atas nama isterinya. (Taksiran harga nilai wajar rumah isteri Rp 300 juta dan mobil Rp 60 juta sekarang),

Isterinya tidak memiliki NPWP dan tidak berpenghasilan, Sedangkan saya tidak memiliki harta apa apa terkecuali harta warisan orang tua sendiri yg belum dibagikan.

Dikarenakan usaha Warung kopi tidak memadai kebutuhan biaya rumah tangga saya, maka saya serahkan Warkop itu ke adik yg statusnya nganggur waktu itu. Sampai ini hari bisnis Warkop masih tetap berjalan dikelola adik saya dan masih atas nama saya.

SPT pajak penghasilan tetap dilaporkan (PTKP) sampai tahun terakhir 2015 dgn Peredaran Bruto per tahun berkisar Rp 24 juta, pajak PPh final tetap selalu dilunasi.

Persoalannya SPT tahunan yg dilaporkan S/d tahun 2015 hanyalah rumah/bangunan berupa warisan yg belum dibagikan dan tidak mencantumkan keterangan apa-apa, hanya keterangan Warisan.

Saya bekerja di luar negeri sudah hampir 16 tahun sampai ini hari

Yg menjadi pertanyaan saya sekarang adalah :
1. Apakah saya perlu mengajukan TA dgn aset yg seperti digambarkan diatas ? Atau cukup dgn pembetulan SPT 2015 ?

2. Apakah ada sanksi kena uang tebusan kalu saya menggunakan hak TA dgn nilai harta gambaran diatas mengingat saya sebagai wajib pajak tergolong PTKP ?
3. Apa sanksinya jika saya tidak mengadakan pembetulan SPT 2015 ?

Comment ( 1 )

  1. September 13, 2016 at 3:20 am

    Kasus yang serupa dengan Bapak alami telah beberapa kali ditanyakan melalui forum ini, kami pun coba merangkumkannya dalam sebuah posting berikut:

    http://blog.tanyajawabpajak.com/2016/08/subjek-pajak-luar-negeri-atau.html

    semoga memberi pencerahan

Leave a reply