Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

apa itu tax amnesty?, perlukah saya ikut?

Saya punya NPWP th 2010, dan sejak itu tidk pernah dilaporkan, apakah pengaruhnya dlm tax amnesty ini?, saya ibu rumah tangga dan apakah saya harus ikut tax amnesty?

Comments ( 3 )

  1. naufalaziz
    September 7, 2016 at 1:12 am

    apakah suami ibu juga ber-NPWP dan telah melaporkan SPT setiap tahunnya? jika iya, dan antara ibu dengan suami tidak perjanjian pisah harta, maka sesuai ketentuan, pemenuhan kewajiban pajak ibu digabung dengan pemenuhan kewajiban pajak suami.

    Objek tax amnesty adalah keberadaan harta/kepemilikan harta yang belum atau terlewat dilaporkan dalam SPT Tahunan. Jika Ada harta atas nama Ibu atau pun suami, yang memang belum dilaporkan dalam SPT Tahunan tersebut, artinya itu bisa menjadi sebab/objek Suami (mewakili juga Ibu) untuk ikut Tax Amnesty.

    Kenapa saya katakan “bisa” karena memang Tax Amnesty ini adalah pilihan, alternatif lain jika memang tidak akan menempuh jalur Tax Amnesty maka Suami Ibu bisa melaporkan SPT Pembetulan (dalam hal memang ada harta yang belum dilaporkan sebelumnya)

    Demikian, semoga membantu

  2. September 7, 2016 at 1:51 am

    Pak Naufal, trimaksih atas informasinya, saya single parent, dan kalau ikut tax amnesty ini bagaimana caranya?,Tks

  3. naufalaziz
    September 7, 2016 at 9:00 am

    Secara garis besar langkah untuk ikut Tax Amnesty saya sebutkan sbb:
    1. Ibu bisa kunjungi KPP tempat Ibu terdaftar, disana ada helpdesk khusus yang melayani konsultasi TA, Ibu bisa mendapatkan penjelasan secara detail, formulir yang dibutuhkan (Surat Pernyataan Harta beserta kelengkapannya) serta bagaimana menghitung uang tebusan.

    2. Bayar uang tebusan, dan isi formulir Surat Pernyataan Harta secara lengkap (hardcopy berikut softcopy)

    3. Sampaikan Surat Pernyataan Harta (hardcopy berikut softcopy)yang telah diisi lengkap beserta lampirannya, serta bukti pelunasan uang tebusan tersebut ke KPP tempat Ibu terdaftar

    tentunya pengajuan Tax Amnesty tersebut Ibu lakukan jika memang ada kepemilikan harta yang belum pernah ibu sampaikan di SPT Tahunan yang ibu laporkan terdahulu.

Leave a reply