Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

Mohon bantuannya, kami dapat surat dari KPP bahwa kami selama ini salah memotong dan membayar pajak pph 23. Jadi kami sebagai wajib pungut, kami memotong dan membayar pph 23 atas rekanan kami. . Yang jadi masalah kami memotong pph 23 atas sewa kendaraan, sewa ac, sewa pc itu pakai tarif sewa 2 % selama ini. Tetapi tiba2 dapat surat bahwa seharusnya kami memotong dan menyetor atas sewa tersebut dikenakan pph 23 royalti atas hak-hak penggunaan peralatan/perlengkapan industrial, komersial yaitu tarif 15 %. Bukankah pph 23 royalti itu berhubungan dengan hak paten ya? Bagaimana kami menjelaskan ke KPP tersebut? Mohon arahannya. Terima kasih

Comments ( 3 )

  1. naufalaziz
    May 27, 2016 at 3:29 am

    jelas kok didalam UU PPh-nya pun,dalam pasal 23 yang semestinya tidak perlu dijabarkan lebih lanjut…atas transaksi yang rekan sebutkan masuk kategori sewa dan penghasilan lain sehubungan dengan penggunaan harta.

    Sementara royalti dalam kasus konkrit, jika rekan Anda memproduksi AC, PC, Kendaraan dengan Right pihak lain.

    Tinggal balik saja, fiskusnya diminta menunjukkan ketentuan formnya jika ada bahwa atas sewa AC, kendaraan, dan PC masuk PPh 23 royalti. Minta mereka juga menunjukkan penegasan dari DJP Pusat yang menyatakan hal itu.

    Dari dulu sampai sekarang sewa mobil dan perangkat/aset lain selain yang menjadi objek PPh 4(2) ya…pengenaannya PPh 23 atas sewa dan penghasilan lain sehubungan dengan penggunaan harta.

    • May 27, 2016 at 3:36 am

      terima kasih saudara @naufalaziz atas jawabannya. Berarti yang masuk kategori pph 23 royalti tersebut apabila rekanan kami yang memproduksi barang yang disewakan tersebut ya. Baiklah, berarti tinggal saya balikkan ke mereka saja minta penegasannya dari pusat ya. Terima kasih atas pencerahannya. Salam.

  2. May 27, 2016 at 4:50 am

    sepakat dengan pendapat rekan naufalaziz,
    dan sedikit menambahkan, sepertinya maksud rekan naufal jika rekanan Anda yang punya paten…terus Anda memproduksinya dengan right/paten yang dimiliki oleh rekanan Anda tersebut…>> masuk pengertian royalti pada umumnya.

Leave a reply