Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

sya mo tanya gan buat semua yang bayar PPn. Apa dasar perhitungan pemerintah/DPR menentukan bahwa tarif PPn itu adalah 10%? kenapa tidak angka lain misal 2%, 5%, 20%?Selama ini sebagai masyarakat kita hanya membeo dengan alasan itu berdasarkan UU, mestinya pemerintah mesti transparan kenapa harus 10% bukan angka lain???

Comment ( 1 )

  1. January 31, 2017 at 1:53 pm

    Sebagai user yang tidak ikut merancang dan membahas UU,khususnya perihal penetapan tarif tersebut, menurut saya Pemerintah dan DPR perumusnya memiliki riwayat yang panjang sekali, dan tidak begitu saja mudah menetapkan angka 10%, pasti ada pembandingan dengan tarif VAT yang telah ditetapkan di negara2 lainnya, pertimbangan kemudahan menghitung dengan tarif tunggal dsb.
    ___
    Lebih cocok saya rasa jika pertanyaan ini yang jawab dan Anda bahas dengan perumus UU tersebut, dalam hal ini dirjen pajak serta DPR.
    ___
    Jika dibahas disini saya rasa akan hanya jadi debat kusir dan kita akan sekedar mengira
    ___
    Jika dibilang membeo tentu tidak lah, perumusannya kan sudah melalui wakil2 rakyat di DPR. Jika mematuhi UU dikatakan membeo, maka banyak norma hukum positif lain yang kita ikuti selama ini bisa disebut membeo juga ya..
    ___
    Untuk tau persis sejarah sebuah aturan UU memang kadang perlu, tapi tentu tidak mungkin untuk seluruh aturan. Itulah konsekuensi dari demokrasi perwakilan, dan jadi pandai2 kita lah memilih wakil rakyat yang amanah, yang bisa mengakomodir setiap kepentingan rakyat yang diwakili secara berkeadilan.

Leave a reply