Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

Kepada Bapak/ Ibu yang saya hormati,
saya mau tanya sehubungan dengan amnesty pajak. Saya adalah WP yang bekerja di luar negeri sejak 3 tahun lalu. Terakhir punya NPWP tapi tidak pernah lapor SPT, karena belum sadar pajak dan di pikiran saya, semua itu sudah dilaporkan oleh perusahaan. dan waktu itu penghasilan juga masih dibawah ambang kena pajak.
Yang mau saya tanyakan adalah, apakah saya perlu ikut tax amnesty? Beberapa hal yang mau saya tambahkan:
– Saya punya tabungan dan deposito di Indonesia, kecil sih tapi ada.
– Ada rumah dari warisan yang masih ditinggali orang tua (bukan sumber penghasilan) namun atas nama saya.
– Saya tak tahu NPWP saya masih aktif atau tidak
Saya bingung bagaimana memulai, dan lagi saya juga tinggal di luar negeri dan jarang pulang. Jika saya perlu mengurus Tax Amnesty, apakah dapat diwakilkan oleh teman/ biro jasa? Karena kebetulan orang tua sudah tua dan tidak telaten.
Saya harap Ibu/ Bapak disini bisa memberi masukan untuk membenahi pajak saya.
Terima Kasih

Comments ( 2 )

  1. September 16, 2016 at 12:53 am

    lapor spt tahunan 2015, dapat diwakilkan pada konsltan pajak, ikutan TA saja rekan agar terhapus semua kewajiban perpajakan yg tidak dilaksanakan dengan semestinya

  2. September 16, 2016 at 4:11 am

    Wajib Pajak yang berada dan bekerja di luar negeri lebih dari 183 hari dan status NPWP-nya non- efektif, dapat mengikuti Amnesti Pajak dengan mengaktifkan kembali NPWP-nya. Harta yang dilaporkan dalam Surat Penyataan Harta adalah harta yang belum atau belum seluruhnya dilaporkan dalam SPT PPh Terakhir.
    dan untuk pengurusannya dapat diwakilkan rekan
    Penyampaian Surat Pernyataan bagi WP Badan dan WP OP dapat dikuasakan dengan menggunakan Surat Kuasa Khusus untuk menyampaikan Surat Pernyataan dan tidak dapat dikirim melalui POS.

Leave a reply