Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

amnesti pajak wp non efektif

Mohon infonya.. saudara saya ingin mengikuti tax amnesty. Beberapa hari yang lalu dia datang ke kpp untuk membuat npwp. Ternyata saat dicek oleh petugas, saudara sy tsb sudah memiliki npwp namun statusnya non efektif. NPWP tersebut sudah dimiliki sebelum tahun 1998 lalu setelah terjadi krisis, tidak pernah mengurus pajaknya lagi. Saat ini npwp nya sudah diaktifkan kembali. Pertanyaan saya:
1. Apakah mungkin terdapat tunggakan pajak, mengingat hal itu sudah lama sekali?
2. Untuk ikut TA apakah saudara saya harus melaporkan spt 2015 terlebih dahulu, mengingat npwp nya baru diaktifkan, ataukah tidak perlu (sama seperti yang baru membuat npwp)?
3. Jika memang harus melapor SPT dulu, karena inginnya dimasukkan semua ke dalam TA.. apakah yg di SPT diisi nihil saja?

Terima kasih sebelumnya..

Comment ( 1 )

  1. September 25, 2016 at 2:24 pm

    untuk no.1, mungkin rekan

    no.2, salah satu syarat pengajuan TA bagi yang ber-NPWP pada tahun 2015 dan sebelumnya adalah menyampaikan SPT untuk tahun pajak terakhir (2015), artinya tetap wajib menyampaikan SPT 2015 dulu ya..

    no.3, silahkan laporkan SPT 2015 sesuai profil penghasilan di tahun 2015 tersebut, dan untuk harta yang dialaporkan di SPT 2015 sesuai ketentuan TA adalah hanya harta yang diperoleh di tahun 2015 itu saja….sementara harta yang diperoleh sebelum 2015 akan menjadi objek TA.

    Demikian rekan

Leave a reply