Register Now

Login

Lost Password

Enter your email to reset your password.

BY Author

saya adalah seorang pekerja yang setiap mendapatkan spt dari perusahaan. saat ini saya ingin resign untuk mencoba wirausaha kecil-kecilan dan dapat dikatakan mulai dari nol lagi (belum memiliki penghasilan tetap). tanya. bagaimana pengisian spt untuk tahun berikutnya?terima kasih.

Comment ( 1 )

  1. naufalaziz
    June 9, 2015 at 2:44 am

    Prinsipnya Anda tetap wajib melaporkan SPT khususnya SPT tahunan.
    ketika terjadi perubahan sumber penghasilan seperti terjadi pada Saudara, maka dimungkinkan terjadi perubahan format pelaporan (Formulir SPTnya).

    Misal, jika sebelumnya saudara melaporkan SPT Tahunan Orang pribadi dengan Form 1770S ataupun 1770SS saat menjadi karyawan, maka setelah tahun ini Anda memiliki usaha, sebut saja dagang maka formulir SPT Tahunan Orang Pribadi Anda berubah menjadi Form 1770 (tanpa S ataupun SS)

    Dan mulai saat tersebut Anda harus sudah mulai menghitung, menyetor sendiri kewajiban Anda.. misal, apakah Anda masuk kategori yang diwajiibkan menyetoorkan PPh final 1% dari omset bruto bulanan sesuai ketentuan PP No.46, lebih jelasnya Anda juga bisa konsultasikan hal ini kepada Account Representative (AR) di KPP dimana Saudara terdaftar. Mereka akan membantu sepenuhnya perihal permasalahan Anda tersebut.

Leave a reply